Resolve Model

R.E.S.O.L.V.E Model

Kali ini saya akan membahas sebuah model pendekatan yang dikemukanan olehDr. Richard Bolstad dalam membantu orang lain, yaitu RESOLVE Model. Tadinya, pendekatan ini hanya terbatas dalam dunia terapi saja. Namun ternyata kalau ditelaah lebih dalam, maka model ini juga dapat dipakai dalam banyak hal. Setelah Anda membaca akronim dari RESOLVE ini, Anda akan segera menyadari dapat dipakai di bidang apa saja model ini.

  • Resourcefull state for the practitioner

Artinya sebelum membantu orang lain, maka kita perlu berada dalam kondisi yang penuh sumber daya dahulu. Misalnya percaya diri, yakin, semangat, tenang, fokus, dll.

  • Establish rapport

Artinya membangun kearaban. Tidak ada proses yang berjalan lancar kalau tidak membangun keakraban terlebih dahulu.

  • Specify specific outcome

Artinya kita perlu punya tujuan yang jelas. Jadi segenap energi yang dimiliki dapat diarahkan ke sana.

  • Open up client’s model of the world

Artinya kita perlu menggali, membuka, atau memahami terlebih dahulu cara pikir orang yang kita hadapi. Lalu dengan menggunakan cara pikirnya, kita masuk dan membantu menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

  • Leading to outcome

Artinya melalui teknik komunikasi tertentu, kita mulai mengarahkan teman bicara kita menuju tujuan yang sudah kita tentukan di awal.

  • Verify change

Pastikan bahwa perubahan sudah kita dapatkan.

  • Ecological exit the precess

Lalu kita mengakhiri dengan proses yang ekologis, artinya tidak merugikan pihak manapun serta tidak dapat diterima semua bagian yang terlibat.

 

Tentunya masih banyak lagi yang dapat digali dari model tersebut. Misalnya, bagaimana jika berbagai teknik NLP digunakan dalam setiap proses di atas? Akan seperti apa jadinya seandainya model RESOLVE ini dipakai dalam dunia penjualan (selling)? Dapatkan model ini digunakan dalam mengajar (teaching)? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang menarik ditunggu jawabannya.

Leave a Reply