Apa itu Coaching

Apa itu Coaching?

Coaching berasal dari bahasa inggris “coach” yang artinya, 1) kereta atau gerbong, 2) pelatih dalam olah raga. Berdasarkan asal katanya, maka Coaching secara bebas dapat diartikan sebagai sarana untuk membawa seseorang mencapai tujuan tertentu. Coach adalah orang yang memfasilitasi proses coaching, sementara coachee adalah orang yang ingin dibantu mencapai tujuan, memecahkan masalah, dsb.

Coaching adalah hubungan kemitraaan antara coach dan coachee selama jangka waktu tertentu untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Coach membimbing coachee untuk menemukan hal-hal yang belum ia sadari.

Definisi Coaching Menurut ICF (International Coaching Federation), salah satu organisasi profesi coaching terbesar, adalah hubungan kemitraan bersama coachee dalam proses kreatif untuk menginspirasi mereka memaksimalkan potensi pribadi atau profesional.

Seorang Coach bukanlah pakar yang mesti tahu segala jawaban atas permasalahan coachee. Melalui coaching, mereka bersama-sama dalam proses pembelajaran untuk menemukan solusi dan mencapai tujuan. Seorang coach dituntut memiliki kejelian, berpikir strategis, memiliki visi, dan mampu memfasilitasi orang lain untuk berubah.

Coach memberikan serangkaian pertanyaan terstruktur untuk membantu mencerahkan coachee atau membantu menemukan jawaban atas permasalahanya.

Coaching merupakan sebuah seni bertanya, sehingga melalui pertanyaan  yang disusun secara terstruktur, coachee terpancing untuk berpikir, menemukan ide, dan melihat dari persfektif yang baru dan menemukan solusi atas permasalahannya.

Di dalam perusahaan, Coaching berfungsi sebagai salah satu metode pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk memaksimalkan potensi karyawan atau untuk mencapai performa.

Leave a Reply